Otomotif

Membedah Transmisi CVT di Mobil-mobil Terbaru

20
×

Membedah Transmisi CVT di Mobil-mobil Terbaru

Sebarkan artikel ini

Jakarta – CVT adalah singkatan dari Continuously Variable Transmission. Transmisi CVT menggunakan sepasang katrol berdiameter variabel juga sabuk atau rantai untuk memberikan rasio roda gigi yang tersebut tidaklah terbatas. CVT semakin populer dikarenakan efisiensinya, namun membutuhkan cairan CVT khusus untuk memaksimalkan performa serta masa pakainya.

Cara Kerja Mesin CVT

Dilansir dari Amsoil, pertama, pertimbangkan transmisi otomatis atau manual tradisional, yang biasanya dibuat dengan tiga hingga enam gigi terus (plus gigi mundur). Transmisi ini beroperasi di satu gigi pada satu waktu kemudian sedikit lonjakan dari perbedaan daya yang dimaksud ditransmisikan banyak kali dapat dirasakan pada setiap pergantian gigi.

Sebaliknya, CVT menawarkan rasio gigi tak terbatas melalui sabuk atau rantai yang dimaksud menghubungkan dua katrol yang tersebut mengontrol transmisi daya dari mesin ke roda. Sabuk dirancang dengan rangkaian alur berbentuk V yang mana sesuai dengan bentuk katrol lalu mengubah rasio gigi yang digunakan efektif dengan melakukan aksi lebih tinggi dekat atau lebih tinggi jauh. Saat diameter puli berubah, sabuk bergerak di dalam sepanjang alur, memungkinkan transaksi gaya rotasi dari puli input ke puli output.

Pro dan juga Kontra CVT

Dilansir dari Maxwellford, berikut kelebihan kemudian kelemahan CVT.

Kelebihan Transmisi Continuously Variable (CVT):

a. Efisiensi Bahan Bakar:

Tidak seperti transmisi otomatis pada umumnya, CVT dapat mengubah rasio roda gigi selamanya untuk mempertahankan mesin masih berjalan pada efisiensi puncak. Secara keseluruhan, semakin berbagai gigi yang mana ditawarkan di transmisi otomatis pada umumnya, semakin baik tenaga mesin yang tersebut dioptimalkan. Bahkan transmisi tradisional yang dimaksud paling canggih pun cuma mempunyai 10 gigi, sedangkan CVT miliki jumlah total kombinasi yang tersebut tak terbatas sehingga menciptakan penghematan unsur bakar yang mana berjauhan lebih lanjut baik.

b. Berat yang dimaksud Jauh Lebih Ringan:

Meskipun ini bukanlah kebenaran universal, biasanya transmisi CVT biasanya lebih tinggi ringan lalu berukuran tambahan kecil daripada transmisi otomatis konvensional. CVT menempati ruang yang sangat jauh tambahan sedikit juga juga lebih banyak ringan daripada transmisi konvensional.

c. Lebih Mudah, Desainnya Tidak Semahal:
Transmisi otomatis konvensional sangat rumit kemudian juga dapat miliki beratus-ratus bagian yang tersebut bergerak. CVT mempunyai desain yang digunakan jarak jauh lebih banyak simpel yang mana berarti tidaklah terlalu rumit, lebih besar cepat dirakit, kemudian membutuhkan sumber daya yang tersebut lebih lanjut sedikit untuk membuatnya.

Kelemahan Transmisi CVT:

a. Belum Dibuat untuk Tenaga:
CVT ketika ini dibuat untuk memanfaatkan efisiensi gas dengan sebaik-baiknya, oleh akibat itu daya tariknya pada mobil hibrida.

b. Terasa Berbeda:

Jika Anda adalah pengemudi kendaraan yang mana lebih banyak tua dengan pengalaman mengemudi bertahun-tahun, CVT pasti akan terasa sangat aneh. Aksi throttle akan terasa sedikit tertunda daripada transmisi lainnya. Tergantung pada situasinya (seperti menaiki bukit), kendaraan yang dilengkapi dengan CVT dapat kekal berada pada RPM yang mana tambahan lebih tinggi tanpa keausan mesin yang digunakan tiada semestinya. Bagi siapa pun yang mana pernah mengendarai transmisi non-CVT, bertahan di RPM yang lebih lanjut tinggi terus-menerus bermetamorfosis menjadi hal yang mana bukan boleh diwujudkan kemudian kembali ke RPM yang mana lebih besar rendah lebih banyak disukai.

c. Tagihan Perbaikan Perawatan Rutin yang Lebih Tinggi:

Ketika melakukan pengamatan cepat pada periode perawatan yang dimaksud disarankan, durasi penggantian oli transmisi CVT adalah setiap 60.000 mil dibandingkan dengan setiap 72.000 mil pada transmisi otomatis ‘normal’. CVT juga relatif baru di dalam planet otomotif dan juga jumlah total profesional CVT yang mana tersertifikasi lebih besar sedikit dibandingkan dengan profesional transmisi otomatis. Ketiadaan teknisi CVT yang dimaksud terakreditasi dapat menyebabkan toko-toko independen mengenakan tarif yang mana tambahan tinggi. Pastikan untuk menanyakan terhadap penasehat servis Anda untuk mendapatkan penawaran tarif individual untuk transmisi kendaraan Anda.

Pilihan editor: Mengapa Honda WR-V Hanya Ada Transmisi Otomatis CVT

Artikel ini disadur dari Membedah Transmisi CVT dalam Mobil-mobil Terbaru